7 Artis Indonesia yang Pernah Gagal Berbisnis

7 Artis Indonesia Yang Gagal Bisnis Rugi Miliaran Rupiah!

artis-indonesia-gagal-berbisnis

Karier sebagai seniman menghasilkan banyak uang dengan penghasilan yang relatif tinggi. Pendapatan tersebut digunakan artis untuk berbagai keperluan.

Salah satunya adalah pada bisnis. Banyak artis yang memanfaatkan pendapatan industri hiburan sebagai modal bisnis.

Sayangnya, meski memiliki nama yang terkenal, tidak semua artis bisa berkembang dalam bisnis. Bahkan, ada perusahaan yang akhirnya tidak merugi.

Nah, pada artikel kali ini Jaka akan membahas sejumlah artis Indonesia yang gagal berbisnis. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari alias BCL membuka bisnis restoran Korea di Jakarta pada tahun 2013. Restoran ini bernama Bulgogi Brothers.

Awalnya, restoran ini menyajikan berbagai makanan khas Korea seperti kimchi, bulgogi, dan tteokbokki. Namun, bisnis ini tidak bersaing dengan restoran sejenis.

Penyanyi yang terkenal di Korea Selatan ini terpaksa menutup restorannya di Lotte Shopping Avenue untuk selamanya.

2. Tommy Kurniawan

Generasi 90-an pasti kenal artis ganteng Tommy Kurniawan. Aktor yang membintangi film Eiffel I’m In Love 2 ini berkesempatan terjun ke pertambangan batu bara.

Sayangnya, dia gulung tikar pada 2013 karena dikhianati dan ditinggalkan oleh pasangannya. Selain itu, dia merasa tidak cukup mampu untuk menjalankan perusahaan di bidang ini.

Meski gagal, dia tidak menyerah berbisnis lagi. Rupanya dia memulai bisnis olahraga karena dia menyukai dunia.

3. Marcel Chandrawinata

Hampir tidak ada yang tahu bahwa Marcel Chandrawinata sudah beberapa kali berkecimpung di dunia bisnis. Namun, dia sering gagal.

Adik kembar Mischa Chandrawinata ini pernah mencoba bisnis tas ekspor-impor namun gagal hingga merugi Rp 3,5 miliar. Dia juga membuka bengkel sekali dan gagal lagi.

Artis kelahiran luar negeri itu pernah mengaku terlalu menaruh kepercayaan pada rekan bisnisnya, yang menjadi salah satu penyebab kegagalannya berbisnis.

4. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad dikenal sebagai seniman yang memiliki banyak toko. Namun, bukan berarti semua bisnisnya selalu sukses di pasaran.

Buktinya Raffi dan Nagita pernah berbisnis kuliner dengan brand Bakmi RN yang sempat viral saat pertama kali dibuka. Namun tak lama kemudian Bakmi RN bangkrut.

Sayangnya, meski rasa masakannya cukup enak, artis terkaya Indonesia ini harus menutup semua cabang Bakmi RN satu per satu di tahun 2019.

5. Baim Wong

Warga Depok pasti sudah mengenal Bakmi Wong Flurry yang dibuat oleh Baim Wong saat pertama kali dibuka. Selain di Depok, toko ini juga memiliki cabang di Bintaro dan Bendungan Hilir.

Meski tokonya cukup ramai, artis terkenal dan dermawan ini sebenarnya telah menutup semua tokonya untuk selamanya. Ia juga merugi hingga Rp 1,5 miliar.

Karena kegagalan tersebut, Baim bahkan rela menjual mobilnya sebagai ganti rugi. Untungnya, semua itu telah tergantikan oleh kesuksesannya saat ini.

6. Ayu Ting Ting

Toko kue Ayu Ting Ting menjadi viral di tahun 2018 seiring dengan maraknya bisnis kue yang sedang digandrungi oleh seniman Indonesia saat itu.

Meski sedang naik daun, toko bernama Kuenya Ayu ini tidak bertahan lama. Cabang-cabang di Depok, Bekasi dan Tangerang ditutup secara bertahap.

Sebelum bangkrut, kesepakatan artis dengan sebagian besar pembenci itu dikritik oleh vlogger makanan. Kue buatannya tidak disebut enak seperti artis lainnya.

7. Nia Ramadhani

Sama seperti artis sebelumnya, Nia Ramadhani juga membuka toko kuliner bernama Roti Mama Nia. Namun sejak awal pembukaan, produk tersebut langsung mendapat kritikan.

Publik dan food vlogger menilai rasa produk mereka tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Untuk 1 dus isi 6 potong roti, Nia mematok harga 72 ribu rupiah.

Setelah beberapa saat, cabang bisnis artis muda yang sudah menikah secara bertahap ditutup. Akun Instagramnya sudah tidak aktif sejak Juli 2019.

Sumber :