Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Burung merupakan hewan yang paling disukai para pria, terutama burung lovebird. Ini adalah spesies burung dengan bulu warna-warni yang indah dan bentuk burung yang unik.

Bukan sekedar sebagai hobi, tapi untuk menghasilkan uang selama bisa dengan baik menggunakan metode ternak lovebird.

 

Cara-Ternak-Lovebird-Bagi-Pemula

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://hargaburung.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Sebenarnya, Anda hanyalah seorang pemula yang mengenal burung dari luar pada awalnya, tetapi setelah memelihara kekasih. Kemudian mereka mengetahui cara makan, menghindari stress dan menghasilkan unggas yang berkualitas dengan harga jual yang tinggi.

Apalagi kalau bisa merawatnya dengan menetaskan telur sendiri, hasilnya pasti lebih bagus.

Oleh karena itu, para pengumpul burung kini mulai mengembangkan metode pemeliharaan burung lovebird agar dapat menghasilkan burung yang lebih baik yang belum pernah ada sebelumnya.

Ini akan menjadi hal yang langka, sehingga nilai ecerannya akan lebih tinggi dan tidak hanya akan menghasilkan burung dengan bulu yang indah, tetapi ukurannya akan mempengaruhi harga.

Untuk hasil lovebird yang bagus, Anda perlu mengikuti cara lovebird lengkap agar semua telurnya bisa menetas dan menghasilkan lovebird yang lebih baik bahkan lebih tahan terhadap hama. Baik itu hama dari luar maupun pemicu stres yang menyebabkan kematian burung.

Pemilihan indukan untuk perkawinan juga berperan penting dalam menghasilkan pasangan yang berkualitas. Beberapa peternak berpengalaman bahkan telah berhasil mendapatkan bibit yang berkualitas, yang meningkatkan nilai jual dari lovebird itu sendiri.

Cara ternak lovebird yang benar

Jika Anda ingin memiliki anakan lovebird yang lebih unggul, Anda perlu mengetahui cara memelihara burung lovebird yang utuh. Berdasarkan pemilihan kandang untuk perkawinan, gunakan ukuran yang sedang.

Banyak peternak menggunakan kandang dengan ukuran 60 x 44 x 40 sentimeter dan menempatkan kandang berbentuk box house.

Ini adalah ukuran yang ideal untuk sepasang sejoli untuk kawin dan bertelur. Sangat mudah untuk pemula. Ada banyak model kandang ini di toko burung.

Sebut saja untuk pernikahan lovebird, ada ukuran yang berbeda-beda. Ini tergantung pada berapa banyak sejoli yang ingin Anda kawinkan, tetapi idealnya hanya ada sepasang sejoli dalam satu kandang.

Perhatikan umur indukan untuk hasil yang baik, burung lovebird minimal berumur 7 sampai 8 bulan. Untuk pria, idealnya lebih muda dari wanita.

Misal lovebird jantan berumur 8 bulan, kemudian anda petik betina selama 9 bulan. Pada perkawinan lovebird yang baik sebaiknya dipilih umur yang lebih matang karena hasilnya akan lebih baik.

Penempatan kandang juga harus hati-hati, sebaiknya di pepohonan yang tenang agar perkawinan antara burung jantan dan betina dapat segera berlangsung. Karena jika ayah laki-laki atau perempuan lain muncul, hasil anak-anaknya tidak seperti yang Anda inginkan.

Proses jodohnya cepat, maksimal sebulan, betina bertelur. Saat menikah, pertimbangkan untuk memberi makan burung lovebird berprotein tinggi, seperti jagung, biji kenari, atau kangkung segar.

Setelah itu tunggu anakan lovebird menetas dan pisahkan indukan jantan dan betina. Karena indukan jantan cenderung memandang anaknya untuk dimakan. Pisahkan indukan betina setelah dua minggu agar anak ayam berkembang lebih baik.

Cara ternak Lovebird bertelur dengan cepat

Sebenarnya cara yang digunakan burung lovebird hampir sama, namun agar bisa menghasilkan telur lebih cepat di musim kawin sebaiknya mengikuti cara burung lovebird bertelur dengan cepat. Jika biasanya dalam sebulan, dalam waktu dua minggu hingga 20 hari, Anda akan melihat telur-telur di kandang kawin.

Rahasianya adalah menambahkan lampu spektral yang bekerja seperti matahari. Ini menjaga keseimbangan suhu di dalam kandang. Tidak terlalu panas, tinggal tambahkan lampu yang bisa memberikan suhu warna 20 derajat Celcius (5500 Kelvin). Tetapi jangan terlalu sering, beri burung istirahat 10 jam setiap hari.

Memancing untuk pasangan sejoli langsung kawin dan bertelur, bertelur jantan atau betina lain. Hal ini akan memicu keinginan untuk kawin lebih cepat dan menghasilkan telur yang berkualitas. Tempatkan pasangan yang berlawanan agar burung lebih cepat terangsang dan pilih indukan yang agresif.

Makanan Lovebird yang akan segera menikah juga perlu diperhatikan dan biasanya dibedakan. Anda harus menempatkan kangkung, biji kangkung, dan tauge. Hal ini terbukti menyebabkan hormon induk betina cepat bertelur, meski hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk kawin.

Minum dari pasangan kekasih yang akan menikah juga perlu pembersihan ekstra, jika tempat minum biasanya diganti seminggu sekali. Sekarang Anda perlu mengganti dan membersihkannya setiap hari dan menggunakan air aqua dan hindari campuran besi dan lumpur yang ada di air sumur.

Jika Anda sudah melakukan segalanya kecuali burung lovebird yang bertelur tidak bisa mempercepat, mungkin ada kendala. Seperti populasi indukan yang buruk, munculnya telur yang mandul, burung yang monomorfik secara seksual sehingga tidak dapat mengenali betina dengan baik. Bisa jadi burung menginginkan kecocokan lagi, penempatan betina akan mempengaruhi hal ini juga.

Jalur ternak Lovebird untuk pemula

Jangan salah, ternyata pemula juga bisa menghasilkan kekasih yang berkualitas. Bahkan pada pengalaman pertama kali mengawinkan lovebird, hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan, melainkan sebuah naluri bagi mereka yang menyukai burung bulu yang indah.

Sebaiknya ikuti cara ternak lovebird pemula dengan memperhatikan indukan yang digunakan terlebih dahulu. Pastikan betina memiliki ukuran fisik burung yang lebih besar. Hal ini terlihat dari ukuran tangki yang lebih lebar saat Anda membeli breed baru. Pastikan ini adalah sepasang karena banyak penjual burung nakal yang hanya menjual burung jantan.

Saat kawin, sebaiknya pilih betina yang berusia di atas 1 tahun. Semakin matang hasilnya, semakin baik. Pilih juga indukan betina dengan suara yang bagus, sedangkan pejantan dengan bentuk fisik yang lebih baik.

Makanan sebaiknya hanya menggunakan apa yang sudah tersedia di toko burung. Sudah banyak pakan khusus untuk kawin yang mempercepat musim kawin, menggairahkan burung sangkar, dan lebih cepat bertelur.

Cara Pengoleksian Ternak Lovebird yang Benar

Ada banyak metode hewan untuk burung lovebird. Mengapa Anda harus menggunakan Metode Colony Lovebird? Hasilnya burung lebih cepat berkembang, tumbuh lebih baik dan hasil lovebird lebih baik dari pada indukan yang digunakan sebelumnya. Bahkan ternak kolonial untuk sejoli telah terbukti mempercepat musim kawin dan bertelur.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas indukan lovebird. Anda harus memilih kualitas yang berbeda. Misal, jika indukan jantan secara fisik bagus, pilih indukan betina dengan suara merdu.

Persilangan kedua indukan menghasilkan anakan lovebird yang terdengar lucu dan fisik yang bagus.

Jangan memaksa burung lovebird yang tidak mau kawin dimana ada tahapan dimana burung tersebut akan mengalami waktunya sendiri. Mulai dari anakan hingga dewasa hingga kemauan untuk kawin. Jika Anda memaksakan lovebird yang belum cukup umur untuk kawin, hasilnya tidak akan bagus dan telurnya akan membutuhkan waktu lama untuk bertelur.

Memang banyak cara agar lovebird mendapatkan anakan yang unggul, menggunakan teknik yang sederhana, dan berproduksi lebih baik. Bahkan untuk pemula, mereka biasanya mendapatkan hasil yang sangat baik saat dikawinkan dengan benar di antara sejoli. Menggunakan indukan yang berkualitas baik dan siap kawin, perhatikan juga usia para sejoli.

Semoga bermanfaat!

Lihat Juga: Makanan Burung Murai