15 Contoh Cerita Fantasi : Ciri, Struktur, Jenis, Unsur

Cerita fantasi adalah sebuah karangan yang termasuk dalam cerita fiksi. Jenis cerita ini merupakan salah satu karangan dalam bahasa Indonesia yang paling digemari oleh anak-anak. Di dalam cerita ini berisikan beragam hal yang imajinatif sehingga sangat digemari oleh anak-anak. Berikut ini disajikan contoh cerita fantasi mencakup ciri dan strukturnya. 

Pengertian Cerita Fantasi

pengertian-cerita-fantasi

Cerita fantasi adalah sebuah karangan yang ditulis oleh penulisnya, dengan menciptakan cerita yang imajinatif. Pembahasannya selalu memuat sebuah cerita yang berada diluar nalar dan jauh dari kehidupan nyata. Setiap penokohan dan latar yang diciptakan akan dimodifikasi sesuai keinginan penulis. Ceritanya akan dibuat berdasarkan apa yang terjadi di dunia nyata, magis, supranatural, dan mungkin masa depan sesuai dengan alur cerita.

 

Memahami Struktur pada Cerita Fantasi

  1. Orientasi cerita atau pembukaan

Orientasi adalah sebuah pembuka dari awal cerita yang akan dibahas, didalamnya berisikan sebuah pengertian mengenai pengenalan yang dituliskan oleh penulis. Pengenalan yang diberikan pada pembaca akan memberikan kemudahan, untuk lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi didalam cerita. Di dalamnya juga termasuk untuk menempatkan tema, penokohan, dan alur dari cerita tersebut.

  1. Terdapat konflik

Konflik adalah semua hal yang akan membuat cerita menjadi lebih menarik, maka membuat sebuah konflik dalam cerita bukanlah hal yang mudah. Pembuatan rancangan dan pertimbangan perlu diperhatikan dengan baik agar cerita dapat dimengerti oleh pembaca. Setiap permasalahan akan dirancang sejak awal hingga akhir oleh pengarang.

Penulis cerita fantasi akan menciptakan suatu suasana dimana para pembaca bisa dibuat terkesima. Perhatian dari pembaca akan dibuat lebih menarik yang berlanjut sampai tingkat akhir dari masalah tersebut.

  1. Adanya resolusi atau penyelesaian

Resolusi pada cerita fantasi merupakan akhir dari suatu masalah yang telah terjadi dalam sebuah alur pembuatan cerita. Resolusi menjadi salah satu tahap paling penting karena akan ada pengarahan pada ending dari cerita. Resolusi juga sering disebut sebagai sebuah kesimpulan atau penyelesaian dari sebuah cerita.

  1. Bagian penutupan

Penulis akan memberikan kesimpulan dari cerita yang telah dibuatnya, sebagai salah satu penjelasan akhir dari cerita tersebut. Bagian ini merupakan penutup atau ending dari cerita fantasi. Biasanya ending dibagi menjadi dua bentuk, yaitu ‘happy’ dan ‘sad ending’.

 

Jenis-Jenis Cerita Fantasi

Jenis-Jenis-Cerita Fantasi

  1. Berdasarkan kesesuaian cerita

Cerita Fantasi memiliki dua kategori yang harus diperhatikan agar sebuah cerita dapat dikaitkan dengan kehidupan nyata. Setiap penulis akan memasukan karakter dalam cerita yang akan dikaitkan dengan karakter dalam kehidupan yang nyata. Berikut dua kategori yang harus diperhatikan pada jenis ini:

  • Cerita fantasi total

Cerita fantasi total akan memberikan sepenuhnya fantasi penulis, fantasi ini akan membangun sebuah cerita diluar nalar. Tidak akan ada satupun dari isi cerita yang ada di kehidupan nyata meskipun latar yang digunakan hampir sama seperti kehidupan nyata. Contohnya, ketika menggunakan sebuah latar tempat berdasarkan kota, lokasi, dan lain sebagainya, tidak akan sesuai dengan kehidupan yang nyata.

  • Jenis cerita fantasi irisan

Cerita fantasi irisan adalah sebuah teks yang mengungkapkan fantasi pengarang, berdasarkan keterkaitan erat dengan dunia nyata. Nama yang sering digunakan dalam kehidupan nyata, masih dimuat dalam jenis cerita fantasi irisan ini.

Fantasi pengarang akan membangun isi dari cerita yang dimuat, dengan nama-nama dalam kehidupan nyata masih dipergunakan. Pengarang akan mencoba untuk menceritakan sesuatu yang memang ada dalam dunia nyata, atau sebuah peristiwa yang mungkin terjadi sebelumnya.

  1. Dibedakan berdasar latar cerita

  • Berlatarkan sezaman

Untuk latar sezaman penulis akan menggunakan satu masa saja pada cerita tersebut. Masa yang digunakan dibedakan menjadi beberapa bagian seperti masa sekarang, lampau, dan masa depan.

  • Berdasarkan lintas waktu

Latar yang digunakan oleh pengarang akan memuat lintas waktu yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pada cerita tersebut. Penulis memungkinkan untuk memasukan dua latar berbeda, yang akan mempengaruhi alur pada ceritanya. Contohnya adalah penggunaan latar dan waktu yang terjadi di masa lalu dan masa sekarang sehingga akan membangun plot yang berbeda.

 

Unsur yang Membangun Cerita Fantasi

  1. Memiliki ide cerita yang terbuka

Keterbukaan sebuah ide dapat diartikan dengan melewati batasan realita. Ide yang dimuat juga berada jauh dari kenyataan. Ide yang dibuat oleh penulis akan dikembangkan sesuai dengan keinginanannya. Hal ini memungkinkan pembuatan cerita yang lebih hidup.

Ketika membaca cerita fantasi imajinasi pembaca akan semakin terbuka, untuk mengikuti alur cerita yang dibuat oleh pengarang. Keterbukaan imajinasi ini, merupakan bagian dari keterbukaanya pemilihan ide untuk penulisan cerita fantasi.

  1.     Selalu mengandung kejadian yang aneh

Pengarang yang membuat sebuah cerita fantasi akan mencoba apa pun yang membuat cerita tersebut berada di luar batas. Pembaca akan diajak untuk melewati batas imajinasinya melalui jalan cerita yang dibuat.

Di dalamnya terkadang mengandung beberapa keanehan dengan sifatnya yang misterius. Pengarang akan menambahkan cerita yang mengandung mistis bahkan keajaiban. Seriap karangan cerita fantasi biasanya memberikan cerita yang berada di luar logika.

  1.     Terdapat latar

Latar merupakan bagian pemahaman yang isinya menerangkan tempat kejadian dalam cerita. Pengarang cerita fantasi akan membuat latar cerita yang menembus ruang dan waktu. Setiap penulisannya tidak akan memiliki keterbatasan pada tempat, waktu, dan penokohan. Ke-tidak terbatasan ini dipengaruhi dengan kebebasan berimajinasi bagi pengarang dalam pembuatan cerita fantasi.

  1.     Terdapat tokoh yang selalu unik

Dalam cerita fantasi tokoh yang ada akan memiliki keunikan tersendiri. Terkadang kemampuan para tokoh tidak dapat dicerna oleh logika karena berasal dari imajinasi penulis. Para tokoh akan memiliki kelebihan tersendiri yang memang unik dan berbeda dari yang lainnya. Tokoh dalam cerita akan membangun dan mendukung alur yang sudah dibuat oleh penulis.

  1.     Merupakan fiksi atau khayalan

Cerita fantasi akan memiliki ciri tersendiri yang unik. Merupakan sebuah cerita yang diambil berdasarkan khayalan semata. Ceritanya sering kali berada di luar nalar dan terkesan jauh dari kehidupan nyata. Jenis cerita ini termasuk ke dalam penulisan fiksi atau khayalan semata. Ketika di tulis akan selalu memberikan campur tangan manusia di dalamnya.

  1.     Penggunaan gaya bahasa

Penulisan cerita fantasi akan menggunakan gaya bahasa yang bebas dan tidak mengikat sehingga tidak terkesan formal dan selalu bervariatif.

 

Contoh Cerita Fantasi

Contoh-Cerita-Fantasi
Contoh-Cerita-Fantasi
  1. Sepatu terbangku

Ani adalah seorang gadis kecil yang memiliki keinginan untuk merasakan kebebasan layaknya anak-anak lain di sekitarnya. Ani selalu terhalang dengan kekangan dari orang tua, ia pun kerap kali tidak diperbolehkan untuk keluar rumah. Sampai akhirnya Ani menemukan sebuah kesempatan emas untuk keluar rumah. Kala itu orang tuanya tidak berada di rumah dan Ani dapat menghirup udara segar. Tidak disangka jika suasana di luar rumah tidak menyeramkan seperti apa yang diceritakan orang tuanya.

Ketika sedang bermain Ani mendapatkan sepasang sepatu yang tergeletak. Ani bergegas mengambilnya karena ia berpikir bahwa waktunya untuk berada di luar rumah tidak banyak. Akhirnya Ani mengenakan sepatu tersebut pada kedua kakinya. Ani tidak menyangka jika ia mampu merasakan kebebasan, untuk dapat terbang tinggi menggunakan sepatu tersebut. Ani telah merasakan dan menikmati kebebasan yang sesungguhnya untuk dapat terbang tinggi. Ani juga mampu untuk belajar bahwa, kebebasan bagi seseorang akan memiliki makna yang berbeda. Termasuk apa yang saat ini dirasakannya dengan kesempatan untuk merasakan terbang.

  1. Botol sang pen-cahaya

Di sebuah pusat kota terdapat rumah yang megah dan mewah. Di dalam rumah tersebut terdapat seorang anak semata wayang yang sering diperlakukan tidak baik oleh orang tuanya. Rian hidup seorang diri tanpa keberadaan adik atau kakak. Menurut pandangan warga orang tua Rian terkesan otoriter. Warga sering melihat bahwa, kedua orang tua Rian sering mengurungnya digudang tanpa sebab yang jelas. Suatu ketika ia di kurung digudang samping kolam renang. Rian pun menangis karena kesendiriannya dan hukuman yang tidak jelas. Pada saat itu, Rian menemukan sebuah botol yang bercahaya terang. Tanpa disangka botol tersebut dapat berbicara dan menjadi cahaya satu-satunya di ruangan tersebut. Setelah kejadian itu, Rian tidak pernah merasa sedih lagi ketika dikurung.

Mulai saat itu, Rian tidak pernah takut untuk berada pada ruangan tersebut. Lama kelamaan Rian semakin terbiasa untuk berada di ruangan tersebut. Rian senang untuk bermain bersama botol bercahaya tersebut.

  1. Teddy kawanku

Hidup menjadi anak dari seorang yang bergelimang harta bukanlah hal yang sempurna untuk mewakili kebahagiaan. Sebagai anak semata wayang, Elli selalu merasakan kesedihan karena tidak memiliki banyak teman. Orang tua Elli cenderung melakukan pengekangan yang ketat kepada dirinya untuk beraktivitas di luar rumah. Akhirnya boneka kesayangannya yang selama ini menemaninya tidur mulai bisa berbicara. Hal ini membuat Elli menjadi bahagia untuk mendapatkan teman dan tidak hidup seorang diri lagi.

  1. Tayo yang nyata

Erik merupakan anak lelaki yang penyendiri. Orang di sekitarnya berpendapat bahwa ia tidak suka bergaul dengan banyak orang. Erik kerap kali mendapat perlakuan tidak baik dari banyak orang se-usianya. Erik tidak ingin berinteraksi dengan anak di usianya karena takut. Suatu ketika ayahnya memberikan bus yang gagah sebagai tambahan koleksi mainannya. Menjadi Erik bukanlah hal yang mudah, dirinya harus bermain dengan halusinasinya tanpa kehadiran seorang teman. Sampai suatu ketika bus tersebut dapat berbicara dan bermain dengan Erik. Kejadian tersebut sungguh membuatnya bahagia untuk mendapatkan teman.

  1. Baju pembawa kebahagiaan

Hinda adalah seorang gadis perempuan yang beranjak dewasa. Dirinya sering tidak merasa percaya diri dengan penampilannya sebagai gadis yang beranjak usia. Sampai suatu ketika, dirinya mulai mencoba kembali pakaian yang belum pernah dikenakannya selama ini. Ia berpendapat penampilan merupakan hal utama yang bisa memikat banyak orang untuk mendekatinya. Tanpa disangka baju yang telah lama berada di lemarinya dapat memberikan aura yang berbeda. Hinda merasakan jika baju tersebut dapat membuatnya terlihat lebih cantik.

  1. Peri gigi yang nyata

Bagi anak-anak gigi yang copot dan patah merupakan suatu hal yang buruk. Banyak ketakutan yang ada di pikiran anak-anak mengenai gigi yang copot. Begitu pun dengan Voni seorang gadis kecil berusia 5 tahun. Dirinya yang selama ini sering mendengar cerita tentang peri gigi sering kali merasa ketakutan. Ketakutan tersebut berasal dari pikirannya jika peri gigi akan mengambil sisa patahan giginya. Suatu malam Voni mendengar keberadaan seseorang di kamarnya. Kala itu giginya memang telah copot yang ia simpan di bawah bantal. Voni melihat ada seseorang yang cantik mengambil giginya. Orang tersebut menukar giginya dengan hadiah yang selama ini diinginkannya. Dari kejadian itu Voni merasa bahwa peri gigi itu benar adanya.

  1. Menjadi tanpa batas

Fanny adalah seorang remaja lulusan Universitas ternama. Ia menjadi salah seorang yang memiliki keinginan untuk menguasai pikirannya. Fanny sering memiliki fokus yang tinggi untuk menguasai sesuatu di luar batas. Ia kerap mengasah kemampuannya sampai akhirnya berhasil, untuk menguasai pikirannya dengan baik. Fanny mampu untuk merasa kenyang tanpa harus memakan makanan yang diinginkannya. Hal tersebut membuat dirinya berada di luar batas kemampuan manusia normal.

  1. Anjingku sahabatku

Dani seorang siswa SMP yang lugu. Ia tidak menyangka jika apa yang ada di sekitarnya mampu mengubah hidupnya. Ia memiliki anjing peliharaan bernama Boy yang sangat ia sayangi dan dirawat dengan baik.  Dani kerap kali mengalami keterpurukan di rumah karena merasa tidak dianggap oleh keluarganya sendiri. Sampai akhirnya anjingnya yang dinamakan Boy dapat berbicara kepada Dani. Saat ini Boy menjadi kawan sejatinya.

  1. Jelmaan ibuku yang jahat

Calie adalah seorang anak perempuan yang mulai dewasa. Ia selalu merasa penasaran dengan keluarganya sendiri yang disangkanya aneh. Ayah dan ibunya kerap kali bertingkah tidak wajar jauh seperti orang tua yang ada di luar sana. Tingkahnya memang tidak seperti orang tua pada umumnya. Dengan memperlakukan anaknya sangat tidak baik. Suatu ketika, dirinya bermimpi bertemu dengan jelmaan dari ayah dan ibunya yang terkesan jahat. Sampai suatu hari, tepat pada pukul satu malam dirinya pergi ke toilet. Tanpa disangka makhluk jelmaan ibunya muncul. Pada saat itu, seketika Calie jatuh sakit dan menemukan kebenaran dibalik keluarganya.

  1. Adikku pemuja iblis

Balie yang saat itu baru saja lulus kuliah dan kembali ke rumah. Ia merasakan ada yang aneh dengan adiknya. Sampai suatu hari, ia berencana mengikuti langkah adiknya yang pergi keluar pada malam tersebut. Tidak disangka jika adiknya tengah berguru dengan seseorang. Adiknya berguru untuk mendapatkan sesuatu dengan tujuan kekayaan dunia dan memuja setan.

  1. Kemampuanku bernafas di air

Joe adalah manusia normal yang sama seperti manusia lainnya. Ia memiliki trauma buruk terhadap air baik kolam renang atau laut. Hal ini terjadi karena ayahnya pernah melakukan kesalahan dengan menenggelamkannya di kolam renang. Sampai akhirnya ia memaksakan diri untuk masuk ke dalam air di kolam renang masa lalunya. Tidak disangka Joe bisa bernafas tanpa bantuan alat pernafasan apa pun. Bahkan mampu untuk berjalan di dalam air.

  1. Berbicara dengan orang mati

Bukan suatu hal yang mungkin jika seseorang tiba-tiba dapat berbicara dengan orang yang telah mati. Berbeda dengan Venna yang merupakan remaja super ajaib. Dengan kemampuannya untuk berbicara kepada orang yang telah mati. Ia mulai menyadarinya ketika usianya memasuki 16 tahun.  Ketika kakeknya meninggal ia dapat mengetahui pesan yang disampaikan kakeknya.

  1. Mendengar bisikan pohon

Pada suatu hari, Andre sedang berjalan melewati sebuah pepohonan. Tanpa disadari, dirinya mendengar suara bisikan yang berasal dari banyak pepohonan di sana. Lama kelamaan suaranya semakin jelas dan banyak. Sampai akhirnya terdengar dengan jelas bahwa pohon tersebut meminta untuk disirami.

  1. Mimpi yang terkutuk

Tidak semua orang bisa memiliki kejadian yang sama dengan apa yang terjadi pada mimpinya. Nia selalu mendapatkan mimpi mengenai seseorang yang mengalami kejadian buruk. Hal itu bukanlah khayalan semata dan benar-benar terjadi sesaat setelah mimpi tersebut. Sampai suatu hari, Nia bermimpi tentang tantenya yang mati ketika tenggelam dilaut. Hal tersebut benar-benar terjadi pada beberapa hari berikutnya.

  1. Wanita bercadar

Suatu hari Syahira seorang remaja perempuan memiliki kejadian yang aneh. Ia memang memiliki kemampuan lebih dibanding manusia lainnya. Pada saat itu, Ia melihat wanita bercadar dipinggir jalan. Di sana Ia menyapa wanita tersebut dan berbincang sedikit. Kemudian, Syahira kembali pulang karena hari mulai petang. Kala itu,  Ia mulai merasa aneh sampai akhirnya tertidur dimalam hari. Tidak disangka jika keesokan harinya ia menemukan kotak berisikan sebongkah emas di kamarnya. Emas tersebut memiliki sepucuk surat yang diberikan oleh wanita bercadar tersebut. Pesan tersebut merupakan tulisan tangan yang berisikan pesan manis dan bahagia.

Setelah memahami banyak hal mengenai cerita fantasi berikut 15 contoh cerita fantasi: Ciri, struktur, jenis unsur. Pastinya pemikiran mengenai bahasan ini akan menjadi lebih banyak. Semua orang mampu untuk membuat karya cerita fantasi. Karena pada dasarnya semuanya dibangun berdasarkan imajinasi seseorang. Di mana semua hal yang awalnya tidak mungkin menjadi hal yang mungkin saja terjadi.

 

Baca Juga :