Jenis bentuk budaya: Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur

Jenis bentuk budaya: Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur

Jenis Kebudayaan di Indonesia

Kebudayaan Indonesia sudah umum di berbagai daerah. Tersebar di 33 provinsi di Indonesia dengan kekhasan dan karakteristik yang berbeda-beda. Karena budaya merupakan nilai-nilai daerah yang dikemas dalam berbagai bentuk. Jenis budaya meliputi:

Jenis-bentuk-budaya-Pengertian-Ciri-Fungsi-Unsur

Rumah Pabean

Saya rasa kita semua sering mendengar tentang rumah tradisional. Rumah adat merupakan salah satu bentuk budaya Indonesia yang muncul dari seni bangunan atau arsitektur dan biasanya mempunyai ciri khusus tergantung daerah asalnya. Bentuk budaya ini digunakan sebagai habitat suatu suku bangsa serta bangsa dan negara tertentu.

Rumah adat di setiap daerah merupakan representasi dari kebudayaan tertinggi dalam suatu komunitas suku atau masyarakat. Contoh rumah adat di Indonesia adalah Rumah Gadang.

Jenis budaya

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah rumah adatnya. Rumah Gadang atau Rumah Godang (gadang / godang = besar), demikian penduduk setempat menyebutnya. Kadang juga disebut Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjung. Menurut adat istiadat setempat, rumah adat ini hanya dapat dibangun di wilayah Minangkabau (Darek / Land) yang sudah berstatus Nagari (desa).

Pakaian tradisional

Pakaian adat atau pakaian adat juga merupakan salah satu dari sekian banyak budaya yang ada di Indonesia. Karena ciri khas masing-masing daerah, pakaian adat juga dapat merepresentasikan karakter dan prinsip etnik atau masyarakat lokal tertentu. Indonesia memiliki banyak sekali pakaian tradisional di setiap daerahnya, bahkan ada beberapa daerah yang memiliki lebih dari satu jenis pakaian tradisional.

Pakaian tradisional Indonesia juga sering dipuji oleh negara lain di dunia. Kalau negara lain bisa senang dengan budaya Indonesia, kenapa harus malu pakai baju adat sendiri? Contoh pakaian adat di Indonesia adalah pakaian adat Ulee Balang Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Jenis budaya

Pakaian adat Aceh untuk pria adalah Linta Baro, sedangkan untuk wanita adalah Daro Baro. Baik pakaian pria maupun wanita memiliki ciri khusus di setiap bagiannya. Pakaian barok linat yang dikenakan oleh pria biasanya dikenakan di acara-acara pemerintah. Di atas baju, Linta Baro disebut Meukasah, sedangkan bawahannya yang celana hitam disebut Siluweu. Sedangkan pakaian wanita memiliki warna yang lebih terang.

Warna yang digunakan pada beberapa item pakaian adalah merah, kuning, hijau, atau ungu. Pakaian wanita ini sangat Islami karena ditutupi dari bawah ke atas.

Upacara adat

Arti kata upacara adalah rangkaian tindakan atau perbuatan yang terikat pada aturan tertentu berdasarkan adat istiadat, agama dan juga kepercayaan. Istilah upacara adat sendiri memiliki makna yaitu sebagai cara untuk menelusuri jejak sejarah masyarakat Indonesia pada masa Praaksara. Upacara adat yang dimaksud dalam artikel ini antara lain upacara pemakaman, upacara pernikahan, upacara labuhan, upacara pusaka camas, dan masih banyak lagi. Contoh upacara adat di Indonesia adalah Ngab di Provinsi Bali.

Jenis budaya

Sesajen N adalah upacara peringatan atau kremasi bagi umat Hindu di Bali, Indonesia. Acara sesaji N merupakan ritual yang dilakukan untuk mengirimkan jenazah ke kehidupan selanjutnya. Jenazah diletakkan seolah-olah sedang tidur, dan keluarga yang ditinggalkan akan selalu berpikir begitu (tidur). Tidak ada air mata karena tubuh sementara tidak ada dan bereinkarnasi atau menemukan peristirahatan terakhirnya dalam moksa (bebas dari roda kematian dan reinkarnasi).

Saat ini masyarakat Hindu di Bali sering melakukan n persembahan secara masal / bersama-sama untuk menghemat biaya, dengan jenazah dikuburkan sementara pada awalnya hingga biayanya mencukupi, namun bagi masyarakat dan keluarga yang mampu melakukan upacara n persembahan dilakukan. . sesegera mungkin, untuk sementara waktu, jenazah diletakkan di rumah dan menunggu waktu yang tepat.

Pelaksanaan sesajen sendiri harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pendeta untuk menentukan kapan hari yang baik untuk upacara. Sambil menunggu hari yang akan datang, keluarga dan masyarakat biasanya berkumpul untuk menyiapkan jenazah (mandi) dan replika berbentuk lembu yang terbuat dari bambu, kayu, dan kertas berwarna yang nantinya akan digunakan untuk kremasi.

 

 

 

 LIHAT JUGA :

https://vhost.id/
https://busbagus.co.id/
https://zalala.co.id/
https://namabayi.co.id/
https://jilbabbayi.co.id/
https://multi-part.co.id/
https://mvagusta.co.id/
https://penirumherbal.co.id/
https://montir.co.id/
https://duniabudidaya.co.id/