8 Konsep Geografi Serta Ruang Lingkup, Struktur dan Aspek

Cakupan geografis

Secara umum, ada tiga lingkungan yang juga termasuk dalam geografi:

 

8-Konsep-Konsep-Geografi-Serta-Ruang-Lingkup,-Struktur-dan-Aspek

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://officialjimbreuer.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

  1. Lingkungan fisik
  2. Lingkungan biologis
  3. lingkungan sosial

Struktur geografi

Menurut struktur geografis, ada tiga cabang utama:

  • geografi fisik
  • Geografi manusia
  • Geografi teknik

Anda perlu tahu banyak tentang penjelasan satu sama lain. Geografi fisik dapat merujuk pada sesuatu yang berwujud di alam kita (fisika). Geografi manusia adalah tentang kehidupan sosial manusia, sedangkan geografi teknis adalah tentang keahlian teknis dalam mempelajari suatu geografi seperti pemetaan, penginderaan jauh atau lainnya.

Aspek geografis

Selain ilmu-ilmu pendukung geografi, terdapat pula wilayah geografis yang sering dikenal dengan aspek geografisnya yaitu:

Aspek topologi seperti lokasi, luas, bentuk atau batas
b. Aspek non-biologis seperti tanah, air dan iklim
c. aspek biotik seperti manusia, hewan atau tumbuhan
Aspek sosial, contoh tradisi, adat istiadat, komunitas, kelompok, pranata sosial
e. Aspek ekonomi seperti industri, perdagangan, perkebunan
f. Aspek budaya seperti pendidikan, agama, bahasa atau juga seni
G. Aspek politik, misalnya model pemerintahan atau partai politik

Konsep geografi

Ada 8 jenis konsep geografi. Kita tahu bahwa konsep studi geografi adalah studi spasial dari fenomena geografi.

1). Konsep lokasi

Konsep lokasi, yang mengacu pada posisi suatu benda di permukaan bumi dan dapat digambarkan berdasarkan lokasi absolut atau lokasi relatifnya.
Saat menentukan lokasi absolut dalam geografi, lokasi ditampilkan berdasarkan sistem koordinat lintang atau bujur.

kemudian, sedangkan posisi relatif didasarkan pada posisi satu objek dengan objek lainnya. Misalnya, di Kota Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan, lokasinya bisa berubah tergantung waktu.

2). Konsep jarak

Konsep jarak mengenal adanya 2 jarak, yaitu jarak relatif atau jarak absolut. Pengertian Konsep jarak adalah ukuran jarak antar benda.

Definisi jarak absolut adalah jarak yang diukur dalam satuan panjang resmi. Jarak relatif adalah jarak yang akan diukur yang tidak didasarkan pada satuan panjang.

3). Konsep aksesibilitas

Memahami konsep aksesibilitas merupakan cara mudah untuk mencapai suatu objek yang diinginkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi aksesibilitas geografis, seperti: B. medan, jarak atau ketersediaan transportasi.

4). Konsep pola

Pengertian konsep pola dalam geografi adalah tempat dimana fenomena tersusun atau tersebar di permukaan bumi.

Misalnya, kondisi topografi suatu daerah selalu berpengaruh besar terhadap pola permukiman dan struktur geologi di daerah tangkapan air, yang mempengaruhi pola aliran sungai.

5). Konsep morfologi

Konsep morfologi dalam geografi adalah bentuk permukaan bumi yang terjadi sebagai akibat dari proses alam atau juga dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Konsep morfologi dalam geografi memberikan misalnya bahwa morfologi suatu daerah di permukaan bumi selalu dipengaruhi oleh derajat erosi, jenis batuan, penggunaan lahan atau proses geologi. Konsep morfologi juga dapat mempengaruhi keberadaan manusia, yaitu dalam masalah tata guna lahan.

6). Konsep aglomerasi

Istilah aglomerasi adalah istilah yang digunakan untuk mengelompokkan fenomena suatu benda di suatu daerah. Misalnya konsep aglomerasi secara geografi adalah suatu kawasan KI atau kawasan industri seperti KIMA atau pengelompokan kelompok penduduk menurut asal atau pekerjaannya. Misalnya perumahan dan perkampungan Tionghoa, apartemen dosen atau sebagainya.

7). Konsep nilai yang berguna

Memahami konsep nilai utilitas dalam geografi merupakan keunggulan yang sudah dimiliki suatu wilayah atau tempat. Nilai utilitas itu sendiri relatif, karena nilai utilitas sangat berbeda untuk setiap subjek yang menggunakannya. Selain subjek, nilai guna itu sendiri relatif karena waktu dan cara penggunaan.

Misalnya kawasan pantai Bali dengan ombak yang tinggi lebih bermanfaat jika digunakan untuk berselancar di kawasan wisata.

8). Konsep interaksi dan saling ketergantungan

Pengertian konsep interaksi atau intervensi adalah realitas keberadaan suatu daerah yang mempengaruhi daerah lain atau suatu daerah yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Akibat dari konsep interaksi atau interdependensi dalam geografi adalah sering terjadi perdagangan, migrasi, ekspor-impor dan komunikasi antar daerah.

Lihat Juga: Call Center BPJS