Pengertian, Jenis, Contoh Affixes Dalam Bahasa Inggris

Pengertian, jenis, contoh imbuhan dalam bahasa Inggris

pengertian-affixes

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang affix – bahasan affix terlengkap dalam bahasa inggris. Tentu saja jika dalam bahasa Indonesia, teman-teman mudah memahami konsep afiks. Bagaimana dengan beberapa bahasa Inggris. Afiks adalah bagian kata yang ditambahkan sebelum, sesudah, atau di dalam batang atau batang (bentuk dasar suatu kata) untuk membuat kata baru.

Jenis afiks

Afiks yang berada sebelum akar (bentuk dasar kata) disebut prefiks, setelah akar disebut suffix, sedangkan di dalam root disebut infiks.

Contoh jenis afiks:

Derivasi dan Fleksi

Afiks Kata baru dapat muncul melalui derivasi (kata yang terbentuk dari proses turunan), misalnya tukang listrik, bobot, keberuntungan, atau melalui infleksi (kata yang terbentuk karena variasi cara kata membawa, dipelajari). Derivasi juga dapat mengubah kelas kata dari bentuk dasarnya, sedangkan infleksinya tidak.

Selain itu, arti kata turunan umumnya berubah secara dramatis. Berbeda dengan infleksi, yang biasanya dapat diprediksi karena hanya berubah berdasarkan waktu atau tema. Misalnya, happy (kata sifat) digabungkan dengan derivasi dengan -ness (akhiran turunan) dan menjadi lucky (kata benda), yang mengubah part of speech.

Lain halnya dengan bring (verba) yang digabungkan dengan -s (akhiran infleksi), to bring (verba), yang tidak mengubah kelas kata dengan infleksi.

Berbeda dengan akhiran turunan, awalan turunan biasanya tidak mengubah kelas kata dari bentuk dasarnya.

Sumber :