Pengertian Demografi, Tujuan, Manfaat, Komponen

Definisi demografi

pengertian-demografi

Secara etimologis, demografi ini berasal dari bahasa Latvia yaitu dari kata “demograhie” yang terdiri dari dua kata yaitu “demos” dan “raphien”. Demo artinya penduduk, sedangkan grafik adalah catatan atau diskusi tentang sesuatu. Secara etimologis, pengertian demografis ini merupakan catatan atau pembahasan penduduk di suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu. Pengertian demografi secara umum merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang jumlah, sebaran wilayah dan juga komposisi penduduk. Perubahan dan penyebab perubahan biasanya muncul karena kelahiran, perpindahan penduduk dan mobilitas sosial.

Demografi dalam bisnis juga disebut sebagai gaya hidup. Gaya hidup ini adalah tentang bagaimana seseorang menjalankan suatu konsep dalam dirinya yang ditentukan oleh adanya ciri dan ciri individu yang terjadi dan juga terbentuk sejak lahir serta seiring dengan interaksi sosial yang berlangsung selama siklus hidupnya. Definisi demografi mengacu pada konsep gaya hidup konsumen yang sedikit berbeda dengan kepribadian. Gaya hidup berkaitan dengan cara hidup seseorang.

Mengerti demografi Menurut para ahli

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang demografi ini kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli yang mendefinisikan demografi menurut ahli diantaranya:

Setelah Johan Susczmilch (1762)

Demografi adalah ilmu yang mempelajari hukum ketuhanan tentang perubahan umat manusia sejak lahir, mati, dan tumbuh.

Menurut Achille Guillard

Demografi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu, kondisi dan sikap manusia, yang dapat diukur.

Menurut George W. Barclay

Demografi adalah ilmu yang memberikan gambaran menarik tentang populasi yang terwakili secara statistik. Demografi ini mempelajari perilaku secara keseluruhan, bukan perilaku individu.

Menurut Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan

Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang jumlah, sebaran wilayah dan komposisi penduduk, serta perubahan dan penyebab dari perubahan tersebut.

Setelah V. Glass

Demografi adalah ilmu yang umumnya terbatas pada mempelajari kelompok populasi yang dipengaruhi oleh proses demografi, termasuk kesuburan, kematian, dan migrasi.

Setelah Donald J. Boague (1973)

Demografi adalah ilmu yang mempelajari statistik dan matematika dalam kaitannya dengan ukuran, komposisi, dan distribusi populasi, dan bagaimana perubahannya.

Demografi dan populasi sama-sama mempelajari populasi sebagai kumpulan (agregat atau kumpulan) tanpa mempelajari apa pun tentang populasi sebagai individu. Yang dimaksud dengan penduduk adalah sekelompok orang yang tinggal di suatu wilayah sebagaimana ditentukan dalam Undang-Undang (UU) RI Nomor 1. 10 Tahun 1992, yaitu penduduk, adalah orang-orang yang berhubungan dengan perseorangan, anggota keluarga, umat, warga negara, serta kumpulan. dari banyak orang, yang pada waktu tertentu tinggal di suatu lokasi di dalam perbatasan negara bagian.

Sasaran demografis

Berdasarkan definisi demografi, terdapat tujuan khusus antara lain:

  • mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dan berbagai aspek organisasi sosial,
  • Jelaskan pertumbuhan masa lalu untuk penurunan dan penyebaran terbaiknya dan juga dengan data yang tersedia,
  • Studi tentang jumlah dan distribusi populasi di suatu daerah tertentu,
    mencoba untuk memprediksi pertumbuhan populasi di masa depan dan kemungkinan konsekuensinya.

Keuntungan demografis

Di bawah ini adalah manfaat demografi, termasuk yang berikut ini:

  • Membantu pemerintah dalam menilai kinerja pembangunan. Dalam hal ini, pemerintah dapat melihat komposisi penduduk baik di masa lalu maupun masa kini. Serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Membantu pemerintah dalam perencanaan pembangunan dalam segala hal mulai dari pendidikan, pertanian, perpajakan, militer dan lain sebagainya.
  • Anda bisa mengetahui keadaan perkembangan ekonomi di suatu negara. Ini dilakukan berdasarkan jumlah kesempatan kerja yang tersedia, persentase penduduk yang sudah bekerja, dan sebagainya.
  • Bisa juga mengetahui angka harapan hidup rata-rata penduduk.

Variabel demografis

Selain itu, kelompok populasi ini menunjukkan variabel-variabel utama yang memiliki pengaruh paling besar terhadap perubahan komposisi penduduk, seperti B. Umur, jumlah, sebaran dan jenis kelamin. Variabel-variabel tersebut adalah:

  • Melahirkan (kesuburan atau angka kelahiran)
  • Kematian (kematian / mortalitas)
  • Migrasi (perpindahan)

Aspek Demografis

Aspek yang terkait dengan demografi umum adalah:

Total populasi

Jumlah penduduk ini merupakan jumlah penduduk per kapita yang digunakan sebagai acuan penghitungan demokrasi. Ketika jumlah penduduk sangat tinggi maka pendapatan per kapita juga sangat tinggi. Meskipun pengeluaran pribadinya sangat kecil.

Faktor non ekonomi

Faktor ekonomi seperti gaya hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.

Komposisi populasi

Komposisi tingkat konsumsinya adalah tiga,

  • Semakin banyak penduduk usia kerja produktif antara 15 dan 64 tahun secara rata-rata, semakin tinggi tingkat konsumsinya. Semakin banyak orang bekerja, semakin tinggi penghasilannya.
  • Semakin tinggi pendidikan maka semakin tinggi konsumsinya, sehingga dengan semakin tinggi kebutuhan hidup seseorang akan semakin meningkat.
  • Semakin banyak orang yang tinggal di perkotaan, semakin tinggi pengeluaran konsumen. Secara umum, masyarakat perkotaan lebih konsumtif dibandingkan pedesaan.

Distribusi populasi

Persebaran penduduk ditinjau dari aspek geografis tempat tinggal seseorang. Daerah. Faktor-faktor tersebut adalah geografis, ekonomi, sosial dan politik. Jika berbicara tentang sebaran penduduk, hal ini juga berkaitan dengan pola permukiman penduduk.

Komponen Demografis

Komponen demografi ini menggambarkan dinamika sosial dalam masyarakat. Komponen demografis meliputi:

  • 1. Kesuburan (lahir)
  • 2. Mortalitas (Tingkat kematian suatu daerah)
  • 3. pernikahan
  • 4. Mobilitas sosial (perubahan status penduduk)
  • 5. Migrasi

Demikian penjelasan mengenai pengertian demografi, tujuan, manfaat, komponen dan aspek, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :