Pengertian Perusahaan Dagang, Jenis, Ciri & Contoh (Lengkap)

Definisi perusahaan dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli, menyimpan, dan menjual kembali barang dan tidak menambah nilai. Dalam hal ini nilai tambah ibarat mengolah dan mengubah jenis atau bentuk barang aslinya sehingga barang tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

 

Pengertian-Perusahaan-Dagang,-Jenis,-Ciri-&-Contoh-(Lengkap)

Perusahaan perdagangan menghasilkan pendapatan dalam operasinya, tetapi pendapatan berasal dari membeli dan menjual barang. Kegiatan utama perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang berupa bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi. Selain itu, barang yang diperdagangkan terdiri dari hasil pertanian, perkebunan, hutan dan industri olahan atau manufaktur.

Jenis perusahaan perdagangan

Ada dua (dua) jenis perusahaan dagang:

A. Berdasarkan produk resmi

1). Perusahaan perdagangan barang modal

Perusahaan Perdagangan Barang Produksi adalah perusahaan yang kegiatan perdagangannya berupa produk bahan baku bahan baku pembuatan produk atau alat produksi untuk pembuatan produk lain. Contohnya seperti kayu gelondongan dan mesin gergaji.

2). Perusahaan perdagangan barang jadi

Perusahaan Perdagangan Barang Jadi adalah perusahaan yang kegiatan perdagangannya berupa produk akhir (produk akhir) yang siap dikonsumsi manusia. Misalnya buku, sepatu, sandal, TV LED, komputer, PC, dll.

B. Berdasarkan jenis konsumen yang terlibat

1). Pedagang grosir

Pedagang grosir adalah perusahaan yang kegiatannya mencari produk langsung dari pabrik dalam jumlah yang cukup. Perusahaan kemudian menjual barang tersebut ke beberapa dealer dengan tengkulak yang volume penjualannya cukup besar. Misalnya grosir

2). Perusahaan Perdagangan Perantara (Middlemane)

Perusahaan perdagangan perantara yaitu perusahaan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar kemudian dijual kembali ke pengecer dalam jumlah sedang atau kecil. Misalnya, perusahaan perdagangan besar adalah sub grosir.

3). Perusahaan perdagangan (pengecer)

Perusahaan Dagang Pengecer adalah perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen dimana konsumen dapat berbelanja secara eceran atau pusat. Contohnya warung, kios, mini market, minimarket, supermarket dan lain-lain.

Karakteristik perusahaan dagang

Perusahaan dagang dapat dibedakan dari jenis lainnya dengan melihat karakteristik yang dimiliki oleh perusahaan dagang tersebut. Ciri-ciri perusahaan dagang adalah sebagai berikut:

1). Bentuk produk die cut

Dalam sebuah perusahaan dagang, produk yang dijual dan diperjualbelikan merupakan benda yang berwujud sehingga dapat dipersepsikan. Contohnya adalah furniture, radio, beras, dan lain-lain. dan pada perusahaan jasa, produk yang dijual dan diperdagangkan adalah jasa dengan ciri jasa yang tidak berwujud (intangible).

2). Tidak ada perubahan bentuk atau jenis produk yang diperdagangkan

Kegiatan utama perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang tanpa mengubah atau menambah bentuk dan sifatnya.

3). Akun khusus

Ada beberapa akun khusus yang didapat dari perusahaan perdagangan seperti: B. Akun untuk harga pokok penjualan, inventaris, diskon penjualan dan pengembalian, dll.

4). Perhitungan untung / rugi

Pola perhitungan untung atau rugi perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan jasa, karena terdapat akun khusus. Dalam perusahaan jasa, laba diperoleh dengan mengurangi pendapatan dari biaya.

Ketentuan pembayaran perusahaan dagang

N / 30, syarat pembayaran bisa berarti pembayaran ditarik setidaknya 30 hari setelah pembelian barang dan tanpa diskon penjualan.
3/10, N / 30, batas waktu pembayaran ini dapat berarti diskon 3 persen diberikan atas penjualan jika pembayaran dilakukan dalam waktu 10 hari setelah pembelian. Penjualan tidak akan ditagih jika dilakukan 10 hari setelah pembelian barang dan pembayaran barang dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pembelian barang.

3/7, 1/14, N / 30 yang artinya syarat pembayaran diskon 3 persen jika pembayaran selesai 7 hari setelah pembelian dan diskon 1 persen jika pembayaran lebih dari 7 hari, 14 hari setelah pembelian barang, Namun, tidak berlalu. Pembayaran juga dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pembelian.
Istilah pembayaran EOM (Akhir Bulan) berarti bahwa pembayaran dilakukan pada akhir bulan atau pada akhir periode di bulan berjalan.

Tujuan perusahaan perdagangan

Untuk memaksimalkan keuntungan yang dihasilkan. Laba, atau laba, adalah selisih antara jumlah yang diterima perusahaan untuk menjual barang atau jasa kepada pelanggan dan jumlah yang dihabiskan untuk memproduksi dan menjual barang atau jasa.

Karakteristik perusahaan dagang

Perusahaan dagang memiliki tiga karakteristik, antara lain:

  1. Kegiatan membeli barang, penyimpanan dan penjualan kembali
  2. Tidak ada proses pembuatan barang yang akan dijual
  3. Manfaat dari penjualan – (pembelian + biaya operasi)

Jenis transaksi perusahaan perdagangan

Jenis Transaksi Perusahaan Dagang Yang Biasa Terjadi:

  1. Pembelian barang secara kredit
    kembali
  2. Diskon penjualan
  3. Membeli barang secara tunai
  4. Diskon
  5. Penjualan barang secara kredit
  6. Beli biaya pengiriman
  7. Penjualan barang secara tunai
  8. Hasil penjualan

Kegiatan utama perusahaan perdagangan

Beli barang yang sudah Anda beli dan jual kembali

Contoh perusahaan dagang

  • Toko bahan bangunan
  • toko kelontong
  • Toko alat tulis
  • Dealer sepeda motor

Contoh akun perusahaan perdagangan

Berikut contoh akun perusahaan dagang, yaitu:

Beli akun

Akun yang mencatat pembelian barang yang masuk ke bisnis sebelum dijual ke konsumen. Pembelian perusahaan selain pembelian barang tidak termasuk dalam akun ini.

Akun penjualan

Akun yang menyimpan semua aktivitas yang berkaitan dengan penjualan barang bisnis kepada konsumen dan perantara. Seperti halnya akun pembelian, tidak ada perusahaan penjualan di akun penjualan di luar penjualan barang.

Akun persediaan

Bagian dari departemen akuntansi perusahaan perdagangan yang menyimpan data tingkat persediaan selama periode waktu tertentu.

Haraga of Sales atau COGS

Harga dasar digunakan untuk menentukan harga beli barang yang akan dijual pada suatu waktu tertentu dan dipengaruhi oleh harga pasar.

Diskon

Akun tersebut dialokasikan sebagai penggunaan diskon atau potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada konsumen, karena dibayarkan secara tunai untuk barang secara langsung pada saat transaksi.

Beli akun diskon

Bagian dari kantor akuntan komersial yang mencatat diskon yang diberikan produsen kepada perusahaan perdagangan secara tunai atau seluruhnya untuk jangka waktu tertentu.

Akun iklan penjualan

Akun tersebut digunakan untuk menyimpan dan menganalisa data tentang barang yang dijual ke konsumen tetapi dikembalikan ke perusahaan karena kondisi yang tidak bersahabat atau salah dan tidak sesuai dengan pesanan.

Beban pemasaran

Biaya ini digunakan untuk semua yang dikeluarkan perusahaan perdagangan untuk menjual persediaan kepada konsumen.

Contoh transaksi perusahaan dagang dengan syarat pengiriman dan syarat pembayaran
15 Maret Barang dibeli dengan harga Rp. 6.600.000 dari PT. Bekerja di rumah, dengan syarat 2/10 n / 30 nomor faktur 019. Jasa angkutan barang Rp. 350.000, -Titik pengiriman FOB.
Barang 18 Maret dijual Rp. 8.000.000, -untuk PK Sotware House nomor faktur 008 syarat EOM
19 Maret Barang lain dijual pada tanggal 15 Maret dengan harga Rp. 1.000.000 karena bahannya tidak sesuai pesanan.
Matert 21 Membayar faktur pembelian nomor 019 mulai tanggal 15 Maret sebelumnya pada PT. Bekerja dari rumah.
23 Maret Pembayaran faktur nomor 008 dari PK Sotware House pada tanggal 18 Maret.

Baca Juga: