Pennant Brintik: sejarah, lokasi, harga tiket saat ini 2022

Klaten sering mendapat julukan kota kecil yang banyak umbul-umbulnya. Selain Umbul Ponggok, ada beberapa nama panji populer lainnya. Salah satunya adalah Panji Brintik.

Tempat wisata ini terletak di Dusun Brintik, Desa Malangjiwan, 5 km dari pusat kota Klaten.

Pennant-Brintik-sejarah-lokasi-harga-tiket-saat-ini-2022

Spanduk ini menjadi tujuan populer bagi penduduk lokal dan wisatawan luar Klaten karena murah dan memiliki keindahan alam yang menarik.

Nah, kali ini kami akan membagikan informasi detail tentang wisata yang satu ini. Informasi ini bisa Anda gunakan sebagai referensi jika Anda berencana berlibur ke sini bersama keluarga atau teman.

Sejarah Singkat Panji Brintik

Umbul Brintik adalah wisata kolam pemandian alam yang airnya langsung berasal dari mata air pegunungan setempat.

Mengapa disebut Brintik? Menurut pengelolanya, nama Brintik berasal dari fenomena terbentuknya gelembung-gelembung dari dasar mata air.

Kolam alami ini memiliki struktur lantai kolam yang sedikit berbeda dengan Umbul Ponggok dan Umbul Manten. Jika dua panji dengan pasir dan batu sama dengan dasar kolam, tapi tidak dengan tempat ini.

Dasar kolam adalah lapisan pasir hitam dan batu andesit kecil. Kedalamannya juga hanya 1,5 meter dari permukaan. Kedalaman ini membuat berenang aman untuk semua orang.

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat terapi medis, bukan untuk rekreasi atau wisata air. Mungkin 90 persen pengunjung yang datang ingin terapi, bukan sekadar relaksasi.

Rata-rata pengunjung yang datang untuk terapi menghabiskan waktu sekitar 1 jam di kolam renang. Banyak pengunjung yang percaya bahwa air hangat dari mata air pegunungan ini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit.

Selain efektif untuk proses penyembuhan penyakit, air hangat dari tempat ini juga memiliki manfaat lain. Salah satunya melemaskan otot-otot tubuh agar tubuh kembali segar dan bugar setelah mandi.

Daya tarik panji berbintik

Tur Inggris Umbul

Kami telah merangkum beberapa tempat wisata di wisata umbul unik di Klaten ini. Berikut adalah rekap singkatnya.
mandi terapi

Berbeda dengan pemandian air hangat Maribaya yang berfungsi sebagai pemandian wisata, kolam di sini didesain sebagai kolam terapi.

Dari 5 kolam di sini, hanya satu yang digunakan sebagai kolam terapi. Kolam terapi khusus ini diisi dengan air yang memiliki nilai PH seimbang dan banyak oksigen.

Menurut beberapa warga, air di kolam terapi ini bisa menyembuhkan rematik, nyeri bahkan saraf terjepit.
Sensasi pijatan dari pancuran

Alternatifnya, jika kolam terapi terlihat penuh, Anda bisa membangun kolam dengan shower.

Berendam sambil menikmati pijatan alami dari pancuran air pasti akan menimbulkan rasa nikmat tersendiri.

Ada 7 pancuran di kolam ini; Ya. Namun, area di sekitar pancuran akan ramai dikunjungi pengunjung, terutama saat musim liburan atau akhir pekan.
Layanan pijat gratis dari terapis

Objek wisata yang satu ini tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Manajemen menawarkan pijat gratis oleh terapis. Lokasi pijat ada di kolam terapi.

Selama mandi, bagian tubuh pasien yang sakit dipijat oleh terapis berpengalaman. Pengunjung yang tertarik merasakan sensasinya bisa langsung menghubungi pengelola.
Spot foto menarik

Selain beberapa kolam renang, ada atraksi lain yang sayang jika tidak dicoba. Daya tariknya adalah beberapa spot foto yang instagramable.

Ada cukup banyak pilihan spot foto yang bisa Anda gunakan sebagai lokasi foto atau selfie. Namun, ada 2 spot foto paling terkenal di wisata panji ini.

Poin pertama adalah Patung Merlion, patung singa yang menjadi simbol negara Singapura.

Mengenai spot foto yang terinspirasi dari landmark Singapura, ada spot foto lain yang juga terinspirasi dari Supertree Grove Singapura, yaitu wisata Bukit Sidoguro.

Spot terkenal kedua adalah area pejalan kaki berwarna pelangi. Lokasi dengan spot ini pasti cocok untuk OOTD’s.
Fasilitas Fasilitas Umbul Brintik

Fasilitas Fasilitas Umbul Brintik

Demi kenyamanan pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas pendukung yang lengkap. Bahkan ada beberapa fasilitas khusus bagi pengunjung yang ingin terapi. Berikut ini adalah daftar fasilitas yang tersedia di Wisata Umbul.
area parkir

Tempat parkir di tempat wisata Klaten ini sangat luas; dapat menampung ratusan sepeda motor, puluhan mobil dan bus. Untuk memastikan keamanan setiap kendaraan, ada petugas yang selalu berjaga-jaga.
warung makan

Satu lagi yang tidak kalah penting

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja