5 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

5 contoh teks naratif sugestif bahasa indonesia pendek

5 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

Contoh teks narasi pendek yang merangsang

Berikut ini adalah teks naratif pendek yang merangsang dari sebuah cerita fiksi tentang seorang anak laki-laki yang mencari ibu kandungnya,

Sore itu, Andi sedang bermimpi sendirian di kamar kosnya sambil memegang foto keluarga di tangannya. Dia mencium orang tua di foto untuk memuaskan kerinduannya. Ayahnya bernama Santoso dan nama ibunya Julaeha.

Andi teringat pesan almarhum ayahnya. Sebelum meninggal beberapa hari lalu, ayahnya meminta Andi untuk segera menemui ibunya. Andi berpisah dengan ibunya karena alasan ekonomi.

Ibunya harus bekerja di kota dan meninggalkan Andi sendirian dengan ayahnya. Andi bertekad untuk menemukan ibunya besok pagi, berbekal secarik kertas dengan alamat terakhir ibunya, yang masih disimpan ayahnya dengan rapi.

Pagi datang. Andi siap menjenguk ibunya. Ternyata alamatnya cukup jauh dari alamat penginapannya, Andi harus mengikuti jalan gang yang sempit.

Di ujung jalan Andi melihat sebuah toko kelontong di depannya berdiri seorang wanita paruh baya dengan rambut pendek sebahu. Wanita paruh baya itu terlihat santai mengobrol dengan seorang wanita berhijab yang sedang berada di dalam toko.

Tanpa pikir panjang, Andi langsung menghampiri kedua wanita itu dan menanyakan alamatnya. Saat Andi menyebut nama ibu kandungnya, wanita paruh baya itu mengaku Julaeha adalah namanya. Andi kaget mendengar pengakuan wanita itu.

Kemudian alamat Andi juga alamat wanita itu. Terkejut, wanita paruh baya itu bertanya siapa Andi sebenarnya. Tak kuasa menahan air mata, Andi menyebut nama dan nama mendiang ayahnya.

Keduanya kemudian berpelukan sambil menangis. Andi tidak percaya bisa melihat ibu kandungnya lagi. Begitu pula dengan Julaeha yang tidak percaya bahwa orang yang berdiri di hadapannya adalah Andi, satu-satunya anak kandung yang berpisah selama 15 tahun.

Contoh teks naratif yang merangsang tentang kesehatan

Teks naratif sugestif adalah teks yang menggambarkan peristiwa atau kejadian berdasarkan kronologi waktu yang berurutan. Teks dapat berupa fiksi fakta atau imajinatif seperti novel, cerpen, fabel, kisah cinta.

Lalu apa yang dimaksud dengan paragraf naratif sugestif? Paragraf yang memuat cerita imajinatif pengarang dan bertujuan untuk mendorong atau merangsang pembaca menjadi pribadi yang lebih baik. Contohnya adalah paragraf dalam cerita bergambar, seri, cerita pendek dan novel.

Berikut ini adalah teks naratif perangsang tentang kesehatan bertema balita yang tidak tidur siang yang berujung pada sariawan di mulut.

“Aduh, mulutku sakit, aku tidak bisa makan,” kata Shifa sambil meringis kesakitan melihat ibunya. Selama dua hari itu, nafsu makan Shifa berkurang karena sariawan. Ibunya juga berusaha menghibur Shifa, mengingatkannya untuk mengurangi aktivitas bermainnya dan lebih banyak tidur siang.

Keesokan harinya, Shifa mengikuti nasihat ibunya. Setengah jam setelah makan siang, Shifa pergi tidur dan beristirahat. Shifa terus melakukan kebiasaan baik ini selama beberapa hari. Bahkan, pertumbuhan kanker secara bertahap semakin kecil dan menghilang. Aktivitas Shifa kembali normal dan nafsu makannya meningkat.

Beberapa hari kemudian, sang ibu terkejut. Apa hubungannya sariawan dengan tidur siang? Setelah dianalisa beberapa hari, ternyata kurang istirahat yang menyebabkan sariawan ini “diwariskan” dari ayahnya yang juga mengalami hal yang sama.

Ketika ayahnya terlalu banyak bekerja dan tidak cukup istirahat, sariawan secara bertahap akan muncul di mulutnya. Entah sugestif atau tidak, karena jika ingin cepat sembuh dari sariawan. Jadi Shifa dan ayahnya memperpanjang durasi tidur siang.

Sumber :