2 Langkah Membuka WA Web di PC Mac dan Windows

WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan yang paling banyak diunduh dan digunakan selama beberapa tahun terakhir. Meskipun sudah banyak pesaingnya seperti Telegram, WhatsApp masih menjadi aplikasi  yang sangat disukai, terutama karena adanya fitur WA Web.

wa-web

WhatsApp Web merupakan fitur bawaan yang disediakan oleh penyedia WhatsApp. Tidak seperti Telegram yang memungkinkan para penggunanya untuk mempunyai satu akun Telegram di banyak device, baik smartphone, tablet, dan laptop, fitur WhatsApp Web mempunyai sedikit perbedaan.

Menggunakan WhatsApp Web dengan Aplikasi WhatsApp PC

Jika Anda bebas memasukkan satu akun atau nomor telepon Anda di aplikasi Telegram dalam berbagai jenis device, Anda tidak bisa melakukan hal yang sama dengan akun WhatsApp Anda. Satu nomor telepon seluler hanya bisa digunakan untuk satu akun WhatsApp.

Tapi dengan WhatsApp Web, Anda bisa menggunakan akun tersebut di 2 perangkat yang berbeda. Tentu saja pertama-tama Anda harus membuat sebuah akun WhatsApp di smartphone terlebih dahulu, baik itu di perangkat iOS maupun di smartphone atau tablet Android.

Kemudian barulah Anda bisa membuka WhatsApp Web di perangkat komputer dan mulai berkirim pesan maupun media melalui WhatsApp di komputer. Ikuti langkah ini untuk menjalankan WhatsApp Web.

  • Unduh aplikasi WhatsApp resmi, baik WhatsApp biasa maupun WhatsApp bisnis dari Google Play Store atau App Store, sesuai dengan jenis perangkat mobile yang Anda gunakan.
  • Buat akun WhatsApp baru atau masukkan akun WhatsApp yang sudah pernah Anda daftarkan sebelumnya dengan cara memasukkan nomor telepon seluler dan menambahkan foto profil.
  • Setelah menyelesaikan proses di atas, buka bagian Menu pada perangkat android dengan mengklik bagian yang dilambangkan dengan 3 titik yang terletak di pojok kanan atas layar aplikasi WhatsApp. Lalu pilih menu WhatsApp Web.
  • Jika Anda merupakan pengguna perangkat iOS, pilih Pengaturan atau Settings yang dilambangkan dengan logo gear. Lalu pilih menu WhatsApp Web/Desktop.

Pada perangkat android, proses diatas akan langsung membuka kamera belakang yang memungkinkan Anda untuk melakukan scan dan membuka WA Web. Dan pada perangkat iOS, proses diatas akan mengarahkan Anda pada halaman yang mengharuskan Anda untuk menautkan 2 perangkat berbeda.

Nah, untuk bisa menggunakan WhatsApp Web, Anda perlu mengikuti langkah penting di bawah ini sehingga Anda bisa menjalankan WhatsApp di komputer maupun laptop yang Anda miliki:

  • Unduh WhatsApp untuk PC baik Windows maupun Mac dari situs web WhatsApp resmi. Untuk bisa menggunakan aplikasi WhatsApp PC, Anda perlu mempersiapkan PC Windows dengan versi minimal 8, baik 32-bit maupun 64-bit.
  • Jika Anda menggunakan PC dengan sistem operasi Mac OS, pastikan PC Anda dilengkapi dengan Mac OS X 10.10 atau yang lebih tinggi. Pasang aplikasi WhatsApp PC di komputer atau laptop yang selalu Anda gunakan.
  • Jalankan aplikasi WhatsApp untuk PC kemudian Anda akan melihat kode QR pada layar utama. Kembali lagi ke aplikasi WhatsApp di perangkat seluler dan buka pilihan WhatsApp Web di perangkat mobile tersebut dan gunakan scanner WhatsApp untuk memindai kode di PC.

Semua pesan yang ada di aplikasi WhatsApp smartphone maupun tablet Anda akan langsung terbuka di aplikasi WhatsApp di PC Mac atau Windows yang Anda gunakan. Anda bisa langsung berkirim pesan dengan siapapun yang Anda inginkan.

Menggunakan WA Web Tanpa Aplikasi WhatsApp PC

Bagaimana dengan pengguna komputer atau laptop yang tidak mempunyai cukup ruang di PC untuk pemasangan software baru seperti WhatsApp untuk PC? Atau mungkin PC yang Anda gunakan mempunyai versi sistem operasi yang lebih rendah daripada yang diharuskan oleh WhatsApp?

Tenang saja, Anda tetap bisa membuka dan menjalankan WhatsApp Web untuk mengirim pesan maupun data ke pengguna WhatsApp yang lain melalui PC atau komputer. WhatsApp Web bisa diakses langsung dari aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Microsoft Edge.

Bagaimana cara membuka dan menjalankan WhatsApp Web melalui mesin pencarian? Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Jalankan aplikasi web browser yang paling sering Anda gunakan, baik itu Opera Browser, Microsoft Edge terbaru, Safari, Mozilla Firefox, Google Chrome, maupun aplikasi web browser lainnya. Pastikan software tersebut sudah mendapatkan upgrade terbaru
  • Ketikkan web.whatsapp.com pada kolom url. Lalu tekan Enter. Tunggu hingga halaman WhatsApp Web terbuka.
  • Setelah halaman WhatsApp Web terbuka, QR code akan muncul beserta dengan petunjuk cara membuka WhatsApp Web di perangkat seluler yang Anda gunakan.
  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat mobile, lalu buka pilihan WhatsApp Web di perangkat tersebut.
  • Scan kode QR yang muncul di layar laptop atau komputer dengan perangkat seluler yang Anda gunakan. Secara otomatis semua chat atau pesan yang ada di perangkat mobile akan tampil di web browser pada perangkat komputer Anda. Mudah kan?

Sekarang Anda bisa menggunakan PC Anda untuk mengirim dan menerima pesan, mengirim dan menerima file dan foto dengan kontak WhatsApp Anda, membuat forum untuk meeting virtual atau online, mengakses pesan yang diarsipkan, dan melihat-lihat status yang dibagikan pengguna WhatsApp lain.

Anda juga bisa langsung membuat grup WhatsApp baru dengan menggunakan WhatsApp Web, baik yang Anda unduh dari situs web resmi WhatsApp maupun yang Anda buka dari web browser. Sayangnya, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh WA Web Login, apa itu?

Kekurangan WhatsApp Web di Web Browser

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh WhatsApp Web jika dibandingkan dengan WhatsApp untuk perangkat iOS dan android. Apa saja kekurangannya?

  1. Tidak bisa membuat status baru

WhatsApp Web yang Anda jalankan di software web browser memang bisa menampilkan berbagai status yang sudah diunggah oleh pengguna WhatsApp lainnya serta status yang sudah Anda bagikan sendiri. Tapi Anda tidak bisa membuat status WhatsApp baru dengan WhatsApp Web.

  1. Tidak bisa menerima dan membuat panggilan

Menerima dan membuat panggilan, baik voice call maupun video call, hanya bisa dilakukan di WhatsApp yang terpasang di perangkat seluler. WhatsApp Web hanya akan menampilkan pemberitahuan bahwa Anda menerima panggilan WhatsApp dan harus diterima di perangkat mobile.

  1. Tidak bisa melihat viewer status WhatsApp

Pada aplikasi WhatsApp di perangkat mobile, Anda bisa melihat berapa orang yang telah menyaksikan status Anda dan siapa saja mereka. Pada WhatsApp Web Anda hanya bisa mengetahui berapa orang yang sudah melihat status yang Anda bagikan.

Anda tidak bisa melihat siapa saja yang telah melihat apa yang Anda unggah di status. Hal ini berlaku jika Anda mengaktifkan read receipt atau laporan dibaca. Jika laporan dibaca atau read receipt Anda dimatikan, Anda tidak bisa mengetahui berapa jumlah pemirsa status WhatsApp Anda.

Sekarang Anda perlu mempraktekkan langsung langkah-langkah di atas dan mencoba menjalankan whatsapp web di hp  dan komputer yang Anda gunakan untuk merasakan fitur-fiturnya.

 

Baca Juga :